Study Banding Hubungan Industrial Serikat Pekerja industriAll JAF Jepang Ke PT NOK Indonesia

Bekasi, mediasispnin.org  (06/06), Terciptanya hubungan industrial yang harmonis, dinamis dan berkeadilan yang baik antara serikat pekerja dengan perusahaan sejatinya menjadi sebuah hal yang sudah tentu menjadi sesuatu yang harus diwujudkan, tentunya sudah banyak perusahaan dan juga serikat pekerja yang berhasil menciptakan hubungan tersebut salah satunya ialah Hubungan industrial antara serikat pekerja PUK SP KEP SPSI PT NOK Indonesia dengan Manajemen PT NOK Indonesia, bahkan hubungan baik kedua lembaga tersebut sudah beberapa kali menjadi tempat study banding percontohan hubungan industrial yang baik, dan yang terakhir menjadi bagian dari kunjungan study banding Serikat Pekerja industtiAll JAF dari Jepang seperti yang diinformasikan oleh media PC FSP KEP SPSI kabupaten dan Kota Bekasi.

Foto: Foto bersama

Dikutip dari spsibekasi.org Rabu, 05 Juni 2024, Federasi Serikat Pekerja industriAll JAF dari Jepang melakukan studi banding di PT NOK Indonesia sebagai bagian dari kunjungan hari ketiga mereka di Indonesia. Rombongan yang terdiri dari 15 pemimpin muda Serikat Pekerja Jepang tiba sekitar pukul 10.00 WIB dan disambut oleh manajemen PT NOK Indonesia serta para pimpinan pusat, daerah, dan cabang Federasi Serikat Pekerja Kimia, Energi, dan Pertambangan (FSP KEP SPSI) Kabupaten/Kota Bekasi.

Kegiatan yang bertempat di Room 7 (ex Mahapahit) PT NOK Indonesia ini dimulai dengan pidato pembukaan dari Presiden Direktur PT NOK Indonesia, Masaji Sakamoto. Dalam sambutannya, beliau menekankan pentingnya meningkatkan produktivitas perusahaan untuk kebahagiaan bersama. “Dengan kinerja perusahaan yang baik, kita semua dapat mengurangi tekanan dan pemborosan sehingga meningkatkan produktivitas,” ujarnya. Sakamoto juga menyampaikan apresiasi atas kerjasama dengan Serikat Pekerja Indonesia, meskipun tantangannya lebih berat dibandingkan dengan Jepang.

Presdir PT NOK Indonesia

Kemudian dilanjutkan dengan sambutan dari Ketua Umum PP FSP KEP SPSI, R. Abdullah, dalam sambutannya Bung R. abdullah menyampaikan bahwa kunjungan ini merupakan hasil komunikasi yang telah dilakukan selama enam bulan terakhir. PT NOK Indonesia dipilih dari 400 perusahaan di Indonesia karena hubungan industrial yang harmonis, dinamis, dan berkeadilan. Abdullah juga menyoroti pentingnya menjadikan Serikat Pekerja sebagai mitra dalam produksi dan pembuatan peraturan perundang-undangan.

Ketua Umum PP FSP KEP SPSI

Sekretaris Jenderal industriAll JAF, Yoshihiro Ito, mengucapkan terima kasih atas sambutan hangat dari PT NOK Indonesia dan FSP KEP SPSI. Ito menjelaskan bahwa industriAll JAF adalah federasi yang mewakili 450.000 pekerja di tujuh sektor industri kimia di Jepang. Kunjungan ini bertujuan untuk mendidik kader muda agar menjadi pemimpin Serikat Pekerja yang efektif.

Sekjend industtiAll JAF

Sambutan terkahir dari Ketua PUK SP KEP SPSI PT NOK Indonesia, Bung Edi Supriyanto, dalam sambutannya bung Edi menyampaikan bahwa kunjungan ini merupakan kehormatan dan pengalaman baru. Ia berharap industriAll JAF dapat memberikan saran dan masukan yang bermanfaat untuk kemajuan bersama. Edi juga menjelaskan bahwa Serikat Pekerja PT NOK Indonesia memiliki 1.300 anggota dari total 1.500 pekerja dan saat ini sedang melakukan perundingan PKB ke-6 serta telah dilakukan pembentukan tim P2K3.

Ketua PUK SP KEP SPSI PT NOK Indonesia

Setelah sambutan, acara dilanjutkan dengan plant tur pabrik yang berlangsung selama 40 menit dan diskusi tentang bagaimana membangun hubungan industrial yang harmonis, dinamis, dan berkeadilan. Diskusi ini melibatkan perwakilan manajemen dan Serikat Pekerja yang menjawab pertanyaan peserta dari Jepang.

Kuningan ke skretarian
PUK SP KEP SPSI PT NOK Indonesia

Kunjungan ditutup dengan makan siang bersama dan kunjungan ke Sekretariat Serikat Pekerja PUK SP KEP SPSI PT NOK Indonesia serta kunjungan ke supermarket milik koperasi Pekerja PT NOK Indonesia.

Foto bersama


Kunjungan yang berakhir pada sekitar pukul 15.00 WIB diharapkan dapat mempererat hubungan industrial antara Indonesia dan Jepang serta menjadi motivasi untuk meningkatkan kerjasama yang lebih baik di masa depan.

Sumber :https://spsibekasi.org/2024/06/05/pemimpin-muda-serikat-pekerja-jepang-lakukan-studi-banding-di-pt-nok-indonesia/

Esitor :DNI-mediasispnin

Baca Juga

Post a Comment

1 Comments

Dark Mode